Mata Uang Yuan Digital Terus Disosialisasikan

Mata Uang Yuan Digital Terus Disosialisasikan
Sukadana post
Sabtu, 30 Januari 2021

Shanghai, Tiongkok. Setelah uji coba mata uang yuan digital di sejumlah kota, kini Tiongkok berniat melakukannya dalam skala lebih luas. Kota-kota besar Tiongkok menguji coba mata uang digital bank sentral negara (CBDC) pada 2021.

Yuan digital mampu kurangi tenaga teller perbankan atau menjembut nasabah hingga keletihan di jalanan. Ist.

“Beijing akan mempercepat pengembangan zona uji coba fintech dan layanan profesional tahun ini. Termasuk mempromosikan aplikasi uji coba Yuan digital, elektronik mata uang digital (DCEP),” kata Gong Xheng, Walikota Shanghai, Minggu (31/1/2021).

Ia menegaskan Tiongkok mempromosikan mata uang digital di banyak provinsi yang punya kota-kota besar. Misalnya di provinsi Guangdong, pemerintah provinsi mendukung pengembangan Shenzhen sebagai contoh zona inovatif dari yuan Digital.

“Kota Shenzhen telah mengumumkan uji coba ketiga. Pengumuman itu menandai power lebih besar mempromosikan Yuan digital, sebelum meluncur secara resmi,” kata Gong Zheng yang menjabat Walikota Shanghai sejak tahun 2020.

Nama mata uang Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Yuan yang dikenal dengan nama Renminbi (RMB) di negara asalnya. Yuan dicetak dan diatur oleh Bank Sentral Rakyat Tiongkok.

Mata uang digital mulai merambah di banyak negara-negara maju.Ist.

Yuan pernah dipatok RMB8,28 terhadap USD1,- selama sebelas tahun. Pematokan Yuan RMB terhada dolar Amerika Serikat (AS), membuat AS murka dan membawa sidang perdagangan internasional.

AS menganggap, kelakuan Tiongkok itu untuk menjaga supaya barang-barang produksi dalam negerinya tetap murah di pasar internasional. Banjir produk industri rumahtangga hingga skala industri besar, membanjiri di pasar-pasar negara maju hingga miskisn.

Imbasnya banyak pelaku industri rumahtangga yang dihantam produk murah Tiongkok, banyak gulung tikar. Paling parah, negara-negara berkembang dan miskin yang terdampak produk murah dari Tiongkok.

Akhirnya Tiongkok melemah dengan kebijakannya sebab yang protes semakin banyak Negara. Bersamaan pula dengan diambangkannya kembali mata uang Ringgit Malaysia (RM), RMB akhirnya mau dinilai ulang (revaluasi) pada RMB8,11 per USD1,- pada 21 Juli 2005.

RMB1 dibagi menjadi 100 fen atau 10 jiao saja. Koin Yuan (RMB) memiliki nilai terkecil saat ini 1 jiao. (int/nur)

Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "Mata Uang Yuan Digital Terus Disosialisasikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020