Jack Ma dan Presiden Xi Jinping Masih Belum Mesra Lagi

Jack Ma dan Presiden Xi Jinping Masih Belum Mesra Lagi
Sukadana post
Kamis, 04 Februari 2021

Shanghai, Tiongkok. Hubungan miliarder teknologi Tiongkok, Jack Ma dan Presiden Tiongkok Xi Jinping masih belum akur. Pemerintah Tiongkok tidak memasukkan Jack Ma dalam penghargaan yang diterbitkan Shanghai Securities News, Kamis (4/1/2021).

Pegawai negeri sipil Tiongkok di depan Istana Terlarang, jelang sidang tahunan rakyat yang dihadiri suku-suku minotas se-Tiongkok Raya di Beijing, sebelum pandemi global Covid-19, dua tahun lalu. Ist.
Dikarenakan pandemi global Covid-19, tidak ada acara pemberian penghargaan pemimpin wirausaha Tiongkok untuk dunia. Akhirnya hanya merilis daftar nama-nama yang tersanjung dalam media keuangan dan bisnis resmi Tiongkok, Shanghai Securities News.

Banyak pecinta teknologi informasi Tiongkok menganggap, tidak dimasukkannya Jack Ma itu merupakan penghinaan. Akan tetapi hanya terungkap di media social (Medsos).

Artikel yang terbit di Shanghai Securities Newsitu, memuji pertama, Ren Zhengfei dari Huawei Technologies. Alasannya, Huawei dihantam Amerika Serikat (AS) dan banyak negara sekutu AS namun masih dapat bertahan.

Xiaomi (MI) Tiongkok menjadi sponsor utama dalam ajang pertarungan bebas MMA di Korea Selatan, jantung pertahanan Samsung dan kawan-kawannya. Ist.
Kedua, Lei Jun dari Xiaomi Corp. Alasannya mampu menghadirkan telepon seluler (Ponsel) yang murah namun tidak kalah dengan Ponsel flagship (unggulan utama) vendor terkemuka di dunia. Ketiga, Wang Chuanfu dari BYD, perusahaan kendaraan listrik ramah lingkungan dan atas kontribusi kepada negeri.

Shanghai Securities News mengritik Jack Ma dengan menulis, beberapa pengusaha yang dipuji namun berperilaku seperti pahlawan sembrono. Berdalih, upaya melepaskan diri dari sistem ekonomi lama dan kaku.

“Pahlawan sembrono itu, memang memimpin sekelompok perusahaan yang menghormati aturan pembangunan dan mematuhi aturan pasar internasional. Namun layak disebut pahlawan negara tapi sembrono,” dalih Shanghai Securities News.

Hubungan tidak mesra Jack Ma dan Xi Jinping, bermula Oktober 2020. Jack Ma mengecam sistem keuangan Tiongkok yang sudah kuno. Akhirnya terjebak dalam mentalitas pegadaian. Padahal dunia digital bergerak cepat. Tiongkok harus mereformasi dirinya sendiri jika tak dingin ditinggalkan dunia.

Sejak saat itu, Jack Ma hilang. Tiga bulan isu berkeliaran, Jack Ma diculik pemerintah. Bahkan diisukan meninggal dunia membuat saham Alibaba yang didirikannya, pernah terjun bebas.

Pun demikian, uniknya, Presiden Tiongkok Xi Jinping memerintahkan regulator Tiongkok menanam investigasi ke perusahaan Jack Ma, November 2020. Ditambah, pemerintah menyelidiki Alibaba atas dugaan monopoli.

Januari 2021, muncul video Jack Ma menyapa orang-orang para kaum tani tua di sebuah desa terpencil. Membuatnya saham Alibaba kembali meroket. Akan tetapi sampai awal Februari, Jack Ma tidak jelas ada di mana. (int/nur)

Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "Jack Ma dan Presiden Xi Jinping Masih Belum Mesra Lagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020