Pesawat N291 Sudah Dapat Dipesan sedangkan Versi Amfibi Masih Tahap Pengembangan

Pesawat N291 Sudah Dapat Dipesan sedangkan Versi Amfibi Masih Tahap Pengembangan
Sukadana post
Senin, 01 Februari 2021
Bandung. PT Dirgantara Indonesia (PTDI) fokus pengembangan dan komersialisasi pesawat N219. PTDI akan mulai masuk tahap penjualan pesawat N219, Selasa (2/2/2021). 
Rancang bangun pesawat N219 versi amfibi sedang diujicobakan di perairan pantai. Ist.
“Tahun lalu, PTDI berhasil mengantongi type certificate (TC) dan sedang masuk tahap production certificate (PC),” kata Adi Prastowo, Manager Komunikasi PTDI Adi Prastowo di ruang kerjasanya. 

Ia berharap pesawat N219 dapat membantu mengisi kebutuhan penerbangan konektivitas dan perintis di pelosok dan kepulauan Indonesia. “Kontribusi kami mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan lebih merata. Saat ini kapasitas produksi pesawat N219 adalah empat unit pertahun,” kata Adi Prastowo. 

Pun demikian, lanjutnya, perusahaan sedang melakukan peningkatan fasilitas produksi. Secara bertahap kemampuan produksi terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan pasar. Tahap komersialisasi, PTDI aktif penetrasi dan pemasaran di dalam negeri dan mancanegara. 

Menteri Riset dan Teknologi /Kepala Badan Riset dan Inovasi (Ristek/BRIN), Bamban Brodjonegero menjelaskan pesawat N219 ini memang proyek gotongroyong. Pengembangan N219 dalam varian amfibi memenuhi kebutuhan sektor pariwisata dan penanganan bencana alam di Indonesia. 

"Pesawat N219 amfibi dibutuhkan tuntuk melayani transportasi ke pulau-pulau yang masih sulit dijangkau," kata Bambang Brodjonegoro. 

Sedangkan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza juga menambahkan produksi N219, BPPT akan membantu PTDI serta LAPAN sebagai partner pengembangan pesawat N219 amfibi. 

“Pendampingan bagian dari fokus BPPT di tahun 2021 dalam pengembangan teknologi Bangun Indonesia Maju di bidang transportasi,” tegas Hammam Riza. 

Dikatakannya BPPT sudah terlibat dalam pengembangan teknologi bidang transportasi massal dan kendaraan ramah lingkungan pada akhir 2020 lalu. BPPT juga mendampingi LAPAN di pengembangan pesawat N219 amfibi. 

“Yakni pesawat yang mampu lepas landas di perairan. N219 merupakan proyek melibatkan banyak lembaga, seperti PTDI, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Bappenas, Kementerian Riset dan Teknologi, BPPT, dan LAPAN,” kata Hammam Riza. 

Semua lembaga terkait, imbuhnya, diharapkan dapat memfungsikan diri sesuai tugas dan fungsi masing-masing lembaga untuk mendukung proses rancang bangun N219. “Swasta dan pemerintah pusat maupun daerah diharapkan dapat membelinya,” kata Hammam Riza. (int/nur)
Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "Pesawat N291 Sudah Dapat Dipesan sedangkan Versi Amfibi Masih Tahap Pengembangan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020